Visit My Popular Blog

5 Tips Memilih Botol Minum/Makan yang Orang Tidak Tahu

Pesan Sponsor
Tanda daur ulang wadah minum dan makanan

Kebutuhan air minum yang tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan manusia, dimana dalam artikel yang lain juga dibahas tentang Cara efektif memastikan air minum harian tubuhmu terpenuhi, termasuk dengan membawa botol minum saat bepergian atau ditempat kerja.

Tidak ketinggalan kali ini indosister akan berbagi tentang Tips memilih botol minum dan wadah makanan yang tepat, dimana banyak orang yang belum mengerti.

Simak tips berikut …

a. Pilih botol minum berleher besar, atau sebaiknya tanpa leher.
Mengapa … karena wadah minum berleher kecil akan menyulitkan kita dalam pencucian/pembersihan. Berbeda dengan yang berleher besar atu yang tanpa leher, sangat memudahkan dalam menyikat bagian dalamnya sehingga terhindar dari sisa jamur atau kuman didalamnya.

b. Jangan memakai botol minum bekas air mineral.
 karena itu di design untuk sekali pakai, setidaknya jika terpaksa … saat pengisian kedua kalinya kita sudah harus membuang botol minum bekas air mineral tersebut.
Jadi harus beli botol minum khusus donk ?? ya .. bila perlu,
Investasikan beberapa puluh ribu rupiah untuk lebih menjaga kesehatan kita sekeluarga.

d. Pilih tempat minum atau wadah makanan bertanda sendok gelas.
Coba check biasanya di bagian bawah wadah plastik tersebut ada beberapa tanda/gambar.
Tanda sendok garpu atau kadang sendok dan gelas, artinya wadah plastik tersebut food grade, di design aman untuk tempat minuman dan makanan, tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh.

e. Pilih wadah minum bertanda daur ulang 5.
Perhatikan bagaian bawah botol minum/tempat makanan plastik, umumnya ada tanda panah segitiga dengan sebah angka didalam segitiga tersebut, sebagai logo daur ulang, jika angka 1, maka wadah tersebut hanya boleh sekali pakai, contohnya botol minum air mineral.
Selanjutnya angka 2 dan 4, adalah plastik berbahan HDPE dan LDPE, sudah cukup aman untuk wadah makan dan minuman, dan yang paling baik adalah pilih yang bertanda daur ulang angka 5, dimana bahannya terbuat dari PP atau polypropylene, yang aman dari resiko gangguan kesehatan, dimana biaya produksi lebih mahal, sehingga botol minum yang akan anda beli tentunya juga akan lebih mahal.

Jangan memilih wadah minum/makanan bertanda daur ulang 3 atau 7, karena bahannya tidak food grade, dan beresiko mengkontaminasi air/makanan yang kita konsumsi.

e. Sebaiknya hindari Botol minum dari logam.
Botol minum stainless steel cukup aman, namun yang namanya logam, tetap ada resiko berkarat, meski kecil dan tidak terlalu tampak.
Botol minum Aluminium juga cukup aman, namun tetap ada resiko logam yang mungkin makin lama dapat terkikis dan mengkontaminasi makanan.

 Artikel terkait :

2 comments:

  1. Saya sudah mulai membiasakan kalau membeli botol minuman yang ada angka 5 di bawahnya. Dan kita perlu hati-hati membeli air di warung luar khususnya yang hobi minum kopi/teh. Karena banyak yang menggunakan botol yang belum tentu baik. Makasi ulasannya mimin :D

    ReplyDelete
  2. Informasi yang sangat berguna.
    Apabila ingin mendapatkan informasi tentang buku-buku bisa kunjungi Perpustakaan Gunadarma
    Terima kasih.

    ReplyDelete


Thanks for Stopping by, Please Leave comment about article above ^_^