Visit My Popular Blog

Powered by Blogger.

Latest Release

Jalan jalan merupakan hobby banyak orang, karena bisa mengurangi penat dan akan sedikit rileks setelah melakukan aktivitas yang cukup berat. Saat kita melakukan perjalanan jauh, kenyamanan akan menjadi faktor utama dalam menunjang aktivitas kita. Dan untuk dapat merasa selalu menjadi nyaman, kebersihan dan kerapian harus dijaga.

Tentunya, para sobat IndoSister.com dapat menerapkan tips menarik dibawah ini baik ketika acara tour / wisata, piknik / travel atau perjalanan cukup jauh dan semacamnya.

Untuk selalu bersih dan rapi selama perjalanan, berikut ada tips menarik.

1. Sediakan selalu kantong plastik
Selipkan beberapa kantong plastik kedalam tas kecil kita. Kantong plastik tersebut akan sangat berguna kalau semisal kita merasa mual dan muntah selama perjalanan, tempat pakaian kotor ataupun basah habis berenang agar tidak tergabung dengan pakaian bersih lainnya, ataupun sebagai tempat sampah sementara jika kita tidak menemukan tempat sampah.
  
2. Masukkan Baking Soda ke dalam sepatu yang akan kita bawa.
Kita akan membawa sepatu cadangan? Sepatu itu akan kamu gabung bersama dengan barang-barang lain yang akan kamu bawa. Untuk menghindari bau sepatu menyebar ke seluruh isi tas / kopermu, masukkan sedikit baking soda kedalam sepatu mu sebelum kemudian bungkus dengan plastik.

simpan kaus kaki dalam sepatu untuk hemat ruang

3. Masukkan kaos kaki ke dalam sepatu.
 
Mungkin kita akan melakukan perjalanan jauh dan ke tempat yang dingin. Kita pasti membawa beberapa kaos kaki sebagai cadangan. Untuk menghemat ruang di dalam tas/koper mu, masukkan serta kaos kaki ke dalam sepatu.

4. Rapikan aksesoris kedalam 1 wadah.
Anting, cincin, kalung ataupun gelang mungkin aksesoris yang akan kita bawa serta. Untuk menghindari berserakan atau tercecer, kumpulkan ke dalam 1 wadah. Untuk anting, bisa kita kaitkan ke kancing baju yang berlubang. Wadahnya bisa terbuat dari tempat bekas dari pelembab wajah, minyak rambut, atau lulur.

hand sanitizer efektif untuk perjalanan

5. Bawa selalu hand sanitizer (pembersih tangan tanpa air)
Selama perjalanan kita akan banyak menyentuh dan bersentuhan dengan sesuatu. Untuk menanggulangi tangan kita penuh kuman, bersihkan dengan hand sanitizer. Kita tidak perlu lagi repot repot mencari toilet untuk mencuci tangan.

6. Simpan peralatan make up dan perlengkapan mandi ke dalam kantong kecil
Masukkan kedalam tas kecil agar terlihat lebih praktis. Hal ini dilakukan untuk menghindari tercecer, berantakan atau kosmetik dan peralatan mandi yang mengandung air mengotori barang yang berada di dalam tas/koper. Lebih baik jika menggunakan Zipper bag.

masukkan kosmetika cair dalam kantong

7. Bawa peralatan make up dan perlengkapan mandi yang berukuran kecil.
Usahakan untuk membawa dengan ukuran yang kecil, karena akan memberikan ruang untuk barang lain yang akan dibawa. Jika terlanjur memiliki ukuran besar, bisa disiasati dengan mengganti wadah yang lebih kecil. Misalkan saja untuk pelembab atau alas bedak, bisa kita pindahkan ke wadah softlens.

Nah, dengan mengikuti tips dan trik diatas, diharapkan perjalanan para sobat IndoSister.com lebih menyenangkan karena lebih bersih dan rapi.

Usahakan sebelum melakukan perjalanan, buatlah daftar list barang yang akan dibawa. Semoga tour kalian membawa pengalaman yang lebih baik.

Baca Juga :


Kontroversi membahas pro dan kontra terhadap bahan penyedap rasa yang memberikan sensasi rasa umami alias gurih dari Micin atau Vetsin memang enggak ada abisnya.

Kabarnya, penyedap rasa / micin menyebabkan ketergantungan dan berakibat kemalasan bahkan performa otak kepada penikmatnya. Di sisi lain segi medis juga tak selalu sinis terhadap micin. Beberapa riset juga menyebutkan micin tidak berbahaya asalkan tidak dikonsumsi secara belebihan.

Well, setuju atau enggaknya kamu dengan bahan penyedap yang bernama lain Monosodium Glutamat (MSG), ternyata ada bahan lain yang bisa menggurihkan makanan kok.

Nah, sembari menentukan tetap pro atau kontra kah kamu terhadap micin / MSG / Vetsin, silakan simak bahan lain yang bisa jadi penggantinya. Siapa tau para sobat IndoSister.com  bisa move on  dari si micin nan gurih itu.

MSG kristal atau micin

6 Bahan Pangan Alternatif Pengganti Bumbu Penyedap Rasa Vetsin / Micin

1. Katakan selamat datang kepada kedelai, bahan pemberi rasa gurih alami
Sebagai bahan makanan yang menyimpan protein tinggi seperti daging, kedelai bisa menciptakan rasa gurih yang enak.

Jepang dan Tiongkok bereksperimen dengan memfermentasikan kedelai agar rasa gurihnya keluar. Ternyata, fermentasi dari kacang kedelai juga menghasilkan rasa umami yang nendang lho.

2. Enzim daging, unggas, dan ikan tenyata senyawa ajaib yang bisa menciptakan rasa gurih alami
Daging, unggas, dan ikan ternyata mengandung enzim yang bisa menghasilkan protein untuk meningkatkan rasa umami .

Sederhananya, daging, unggas, dan ikan yang dimasak, baik itu dengan cara dipanggang, dibakar, digoreng, atau lainnya secara alami mengeluarkan zat yang membuat gurih.

6 Bahan Pangan Alternatif Pengganti Bumbu Penyedap Rasa Vetsin / Micin

3. Pengolahan tomat yang tepat menghasilkan rasa gurih yang nikmat
Pengolahan buah tomat yang tepat bisa membuat kamu perlahan melupakan micin lho.
Caranya cukup dengan memanggang tomat saja kok. Efek rasa tomat yang dipanggang akan meningkatkan rasa gurih dan lezat pada makanan. Penasaran? Silakan coba sendiri ya

4. Jamur bukan cuma bisa menjadi pengganti bahan makanan, tetapi juga rasa gurih pada micin
Kalau menggunakan jamur sebagai pengganti bahan lauk daging sih sudah biasa. Coba deh  variasikan pengolahan jamur dengan cara lain untuk menyedapkan makanan tapa micin.

Caranya? Cukup dengan memanggang jamur, maka sensasi rasa umami dan gurih alami langsung muncul. Jadi, enggak salah kalau jamur bisa kamu jadikan andalan untuk menyedapkan makanan.

5. Daripada mencari rasa gurih dari vetsin, lebih baik gunakan garam
Garam dikenal sebagai bahan populer yang sering digunakan sebagai pengganti rasa umami  pada micin. Nah, biar lebih aman gunakan garam meja yang menggunakan bahan dan proses alami ya.

6. Kombinasi bumbu rempah bisa menciptakan rasa gurih yang menggugah
Bahan rempah seperti bawang putih, kunyit, merica, jinten, dan lainnya terbukti bisa menciptakan sensasi umami yang lebih menggugah.

Enggak percaya? Beberapa masakan daerah khas Indonesia bisa sukses menggugah penikmatnya dari berbagai daerah berkat campuran pas dan khas dari beberapa bahan rempah.

Nah, gimana, udah sadar kan tenyata banyak bahan yang para sobat IndoSister.com bisa pakai untuk menggantikan micin?

Sekarang … Yakin enggak mau berpaling dari micin ke bahan yang lebih alami?


Jika para sobat IndoSister.com sering meminum kopi, ampasnya jangan langsung dibuang. Berikut beberapa manfaat ampas kopi yang bisa kita lakukan dikala waktu senggang.

Kopi merupakan minuman yang memiliki banyak penggemar dari berbagai usia dan kalangan. Jangan heran, jika ada harga secangkir kopi mencapai jutaan rupiah dan sudah sangat mendunia. Yah, jenisnya Kopi Luwak, asli dari Indonesia.

Selain kenikmatan rasanya, kopi juga banyak bermanfaat untuk hal lain. Selain mengandung kafein, kopi juga mengandung anti oksidan yang dapat berpengaruh pada kesehatan kita.

Nah ... habis minum kopi, Ambil ampasnya, dan inilah ...


5 TIPS Memanfaatkan Ampas Kopi

1.  Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Kopi
Gunakan ampas kopi sebagai masker wajah. Ampas kopi dicampur bersama dengan putih telur. Oleskan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan 3 kali dalam seminggu.
(gambar 2)

2. Cara Mengangkat Sel Kulit Mati dengan Kopi
Ampas kopi digunakan sebagai scrub saat mandi. Basahi seluruh tubuh, kemudian gosok perlahan ampas keseluruh tubuh sambil dipijit perlahan, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu jika ingin hasil yang maksimal.


3. Cara Menyuburkan dan Menyehatkan Rambut dengan Kopi
Terlebih dahulu basahi seluruh rambut, kemudian ampas kopi balurkan keseluruh kulit kepala. Pijat dengan lembut, dan kemudian keramas menggunakan shampoo seperti biasa.

4. Cara Mengurangi Selulit dengan Kopi
Ampas kopi dicampur dengan minyak zaitun secukupnya, kemudian olesi campuran ampas kopi dan minyak zaitun di daerah yang ada selulitnya. Pijit dengan lembut, kemudian diamkan hingga 10-15 menit. Bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

5. Cara Menghilangkan Bau dengan Kopi
Gosokkan ampas kopi secara merata ditangan kita, kemudian cuci seperti biasa. Bau pun akan hilang. Bisa juga menghilangkan bau sepatu. Ampas kopi bungkus kedalam kertas Koran, kemudian kertas koran masukkan kedalam sepatu yang berbau. Diamkan selama satu malam, keesokannya bau sepatu pun akan menghilang.

Begitu banyak manfaat kopi yang para sobat IndoSister.com bisa manfaatkan dalam aktivitas sehari-hari bukan ?. Tertarik untuk mencobanya?


Baru pulang kerja tapi masih ada kerjaan di rumah, capek.. atau sejak pagi kuliah/sekolah dan pulangmu larut malam, rasanya sih ingin tidur saja eh tapi masih ada tugas. Satu hal yang pasti terasa sekali kalau rutinitas seperti ini berulang terus menerus, yakni lelah. Nah dari rasa lelah ini pasti akan timbul yang namanya rasa jenuh dan bosan, kalau sudah begini pasti tingkat stress tinggal ditunggu saja naiknya.

Rutinitas seperti ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi manusia di era modern seperti saat ini, terutama yang tinggal di kota besar dan mereka yang bekerja didalam ruangan. Sebenarnya tinggal pintar-pintarnya kita mengatur bagaimana cara agar tingkat stress kita tidak melampaui batasannya, seperti rajin nongkrong / hang out bersama keluarga maupun orang terdekat, namun pastinya tidak setiap saat kita bisa melakukan hal ini bukan?! 

Mungkin inilah saatnya kita mempertimbangkan cara yang lebih simple untuk mengurangi rasa jenuh pada rutinitas kita
3 Jenis Musik untuk Relaxasi – Pengurang Stress bagi yang Sibuk

Dalam artikel kali ini penulis akan mengulas mengenai musik musik refleksi yang tentunya sangat pas untuk dipertimbangkan para orang sibuk di era globalisasi ini, karena selain tidak membutuhkan biaya sama sekali musik - musik ini dipercaya mampu mengurangi stress hingga tingkat tertentu. Argumen ini diperkuat oleh salah satu artikel milik APA (American Psychology Association) yang ditulis oleh Amy Novotney dengan judul “Music as Medicine”, dalam tulisan tersebut dia mengatakan

“...Music also reduces levels of the stress hormone cortisol...” (Novotney, 2013).
 Yang berarti bahwa musik mampu mengurangi tingkat hormon Kortisol yang terlibat secara langsung dalam respon stress manusia.

Musik apa aja sih?
Nah berikut adalah segelintir musik relaksasi pilihan yang disarankan untuk mengurangi kestress-anmu lho happy people!

1. Musik-musik Lullaby
Musik yang dipercaya mampu mengurangi banyak tingkat stress adalah musik-musik berfrekuensi rendah, nah salah satunya adalah musik Lullaby. Apalagi kalau kita mendengarkannya langsung dari seseorang (bukan rekaman), wah jadi teringat masa kecil ya.

Tingkat stress mampu berkurang dibuktikan dengan penelitian nyanyian Lullaby yang mampu menjaga kestabilan detak jantung dari bayi yang mendengarkan, nggak herankan kenapa anak-anak lebih cepat tidur saat ibunya menyanyikan lagu-lagu indah saat si anak sedang rewel.

2. Musik-musik Klasik
Musik klasik seperti musik-musik orkestra karya komposer Mozart, Bach, Beethoven, dll. memang tidak banyak diminati orang. Musik yang kebanyakan terdiri dari suara instrumen biola, piano, cello yang dipadukan ini dianggap sebagian orang terlalu kuno dan monotone.

Tanpa diketahui bahwa banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika kita sering mendengarkan musik jenis ini lho. Selain dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi bahkan memberi inspirasi bagi pendengarnya, ternyata musik klasik ini juga mampu memberi efek ketenangan untuk kita.

Sound’s of Nature / Suara-suara Alam

3. Sound’s of Nature / Suara-suara Alam
Suara alam sangat familiar dengan mereka yang menyukai meditasi, efek tenang yang mampu diciptakan oleh suara alam memang cukup efektif lho meningkatkan rasa tenangmu,

dalam sebuah jurnal berjudul “The Effect of Music on the Human Stress Response” yang ditulis oleh Thoma MV. dkk., pada tahun 2013 menyebutkan bahwa saat seseorang mendengarkan suara alam seperti gemercik air, tetesan hujan, dll. seseorang cenderung mengingatkannya dengan kenangan masalalu yang dianggap menyenangkan,

Oleh karena itu nih kamu harus cari-cari musik alam apa yang cocok banget sama kamu, yang menangkan dan mengingatkanmu dengan memori indah.


Komputer dan laptop di era milenia ini jadi piranti elektronik yang banyak sekali dibutuhkan untuk mendukung kinerja masyarakat masa kini.

Yup, berkat perangkat ajaib tersebut, berbagai kebutuhan, seperti tugas akademis, pekerjaan, maupun mengakses berbagai informasi bisa terpenuhi.

Tapi, interaksi kamu yang intensif dengan komputer atau laptop ternyata juga bisa berdampak negatif bagi tubuhmu lho.
Beberapa dampak tersebut diantaranya mengganggu kesehatan mata, obesitas atau kegemukan, sakit leher, atau punggung, dan masih banyak lagi

Supaya lebih aman dan tidak mengalami dampak negatifnya, beberapa Tips Sehat  buat para sobat IndoSister.com yang Aktif di depan komputer ini bisa menjadi rekomendasi kalian …

7 Tips Sehat Buat Kamu yang Aktif Di Depan Komputer
                                                       
Tips Sehat bagi yang Aktif di depan Komputer :

1. Perhatikan cara dan posisi kamu duduk
Saat asyik mengerjakan tugas atau berselancar di dunia maya lewat komputer atau laptop jangan sampai melupakan posisi duduk kamu ya.
Jika disepelekan dan dibiarkan dalam jangka panjang, beberapa dampak kesehatan yang sudah disebutkan bisa terjadi padamu lho, salah satunya sakit punggung.

- Posisikan punggungmu senyaman mungkin dengan posisi lurus dan bersadar pada sebuah kursi serta luruskan paha dan usahakan sejajar dengan lantai.
Nah, untuk yang berkaki pendek coba ganjal bersama bantal yang sudah diletakkan di lantai. Dan, jangan lupa, jarak pandang yang aman dengan layar komputer atau laptor minimal 50 cm ya.

2. Relaksasikan otot matamu setiap 20 menit sekali
Mata kamu juga bisa lelah beraktifitas jika terus memandangi layar komputer atau laptop. Jangan dipaksakan, jika perlu istirahatkan setiap 20 menit sekali.

- Nah, proses relaksasi mata juga bisa dilakukan dengan memandangi obyek lain yang jaraknya jauh, misalnya pemandangan diluar, atap ruangan atau orang-orang di jalanan. Selain itu, rutinkan juga matamu untuk berkedip 12 kali per menit agar tetap terjaga kelembapannya.

3. Sediakan minuman selama beraktifitas dengan komputer dan laptopmu
Kesibukan saat berinteraksi dengan komputer dan laptop terkadang membuatmu lupa dengan hal sederhana yang justru penting, seperti air minum.
Jaga keseimbangan cairan tubuhmu dengan terus menyediakan botol berisi air putih.

- Supaya momen minum air semakin asyik, kamu bisa menambahkan aneka buah-buahan, seperti lemon, jeruk, atau strawberry agar rasanya lebih bervariasi

 

4. Jangan duduk terlalu lama di depan komputer, jeda dan istirahatkan tubuhmu setiap 2 atau 3 jam sekali

Anjuran di atas kelihatannya sederhana tapi jangan disepelekan. Yup, terlalu lama duduk dan kurang gerak berpotensi memunculkan penyakit degeneratif seperti diabetes, obesitas, jantung, stroke, osteoporosis, alzheimer, kanker, hingga perkinson lho.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk beristirahat dan bergerak keluar ruangan atau melakukan hal lainnya.

5. Luangkan waktu untuk melakukan aktifitas menyenangkan
Bukan tidak mungkin jika terus berada di depan komputer atau laptop dengan beragam tugas juga akan memunculkan rasa bosan, kelelahan, bahkan stress nih.
Sebelum dampak tersebut benar-benar terjadi, alihkan kejenuhanmu tersebut dengan beragam aktifitas menyenangkan, seperti berinteraksi dengan kawan-kawan yang ada didekatmu.

- Selain itu kamu juga bisa mulai merencanakan kegiatan liburanmu atau sekedar berolahraga ringan agar bisa melepaskan bibit-bibit stress yang mungkin sudah menumpuk.


6. Asupan nutrisi tubuh juga perlu diperhatikan
Bergelut di depan komputer dan laptop rentan sekali dengan kejenuhan dan stress. Selain beberapa kombinasi kegiatan relaksasi dan aktifitas menyenangkan, nutrisi yang cukup juga sangat diperlukan untuk menunjang performa kamu.

Jadi, jangan malas untuk tetap mengonsumsi makanan dengan menu sehat dan berimbang ya.

7. Istirahat dan tidur yang cukup
Jangan paksakan diri untuk terus beraktifitas di depan komputer jika tubuhmu sudah kelelahan ya. Bagaimanpun juga sesuatu yang dipaksakan malah tidak akan berjalan maksimal. Akhirnya, produktifitas dan kreatifitasmu di dunia kerja atau akademik justru merosot.

- Mulai biasakan atur durasi tidur dengan batas standar minimal enam hingga delapan jam seharinya. Membiasakan diri bangun pagi dan tidak tidur larut malam juga bisa membuat kamu bergairah dan semangat menghadapi segala rutinitas lho.

Yup, intinya, bagaimanapun kesibukan para sobat IndoSister.com di depan komputer atau laptop, jangan lupa untuk tetap memahami batasan yang ada pada diri ya. Kamu bisa menerapkan keseluruhan tips di atas agar hasilnya optimal dan jadi kebiasaan. Selamat mencoba.


Di zaman yang serba teknologi, rasanya sulit untuk tidak memanfaatkan alat telekomunikasi seperti smartphone. Tapi, seberapa sering kah kamu berinteraksi dengan handphone? Baik sekedar melihat pesan atau ingin mengetahui status dan berita terkini.

Ingat, sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, apalagi sampai kecanduan smartphone atau dalam bahasa ilmiahnya disebut nomophobia.

Menurut tim peneliti Caglar Yildrim, mahasiswa doktoral di Human Computer Interaction, Iowa, Amerika Serikat,  nomophobia adalah gejala modernisasai anak muda masa kini yang ketakutan saat tidak bisa berkomunikasi atau mengakses informasi dari smartphone.

Seperti dilansir dari laman huffingtonpost.com, Iowa State University berhasil menemukan indikator ketergantungan smartphone dengan menguji 301 mahasiswa pengguna iPhone.

Gak Bisa Jauh Dari Smartphone ? Cek Di Sini, Berapa Tingkat Kecanduanmu ?

Kamu juga bisa nih mencobanya, dengan menjawab 20 poin kuesioner dari Iowa State University dan hitung sendiri nilainya.

Masing-masing pertanyaan punya rentang nilai 1 (sangat tak setuju) hingga 7 (sangat setuju). Semakin bertambah poin, tingkat setuju semakin bertambah. Nah, jika mayoritas poin kamu berada di angka lima ke atas, berarti sudah masuk ketegori nomophobia.

Pastikan kamu memberikan angka di setiap pertanyaan dengan sejujur-jujurnya ya.

1. Saya merasa tidak nyaman jika tidak ada akses informasi yang konstan dari smartphone.
2. Saya kesal jika tidak bisa mendapat informasi dari smartphone ketika saya ingin melihatnya.
3. Saya gugup ketika tidak bisa mengakses berita dari ponsel.
4. Saya kesal ketika kemampuan smartphone saya menurun.
5. Kehabisan baterai smartphone membuat saya cemas dan takut.

6. Jika kuota internet habis, saya panik.
7. Jika saya tidak dapat terkoneksi dengan Wi-Fi, saya akan terus menerus secara beberapa waktu mengecek koneksi Wi-Fi yang bisa didapatkan.
8. Saya takut tersesat jika tidak menggunakan smartphone.
9. Saya benar-benar berhasrat untuk segera mengecek smartphone , selama saya tidak bisa mengakses smartphone.

Jika smartphone saya tidak berada di dekat tangan saya?

10. Merasa cemas karena tidak bisa berkomunikasi dengan keluarga atau teman.
11. Merasa khawatir jika keluarga dan sahabat tidak bisa menghubungi saya.
12. Merasa cemas tidak bisa menerima pesan dan panggilan.
13. Merasa cemas jika tidak bisa tahu kabar keluarga dan sahabat.
14. Merasa khawatir jika ada yang mencari saya.
15. Saya takut komunikasi intensif yang telah saya bangun bisa hancur.

16. Takut kehilangan identitas diri
17. Merasa berbeda dan tak nyaman saya tidak bisa mengakses hal-hal terbaru di media sosial.
18. ‘Mati gaya’ jika tidak mampu mengecek smartphone,
19. Merasa cemas saat tak bisa mengecek emailnya.
20. Mati gaya karena saya bingung mau berbuat apa.

Yup, sekarang saatnya menghitung total nilai penyataan di atas, lalu lihat hasil di bawah ini untuk mengetahui karakteristik kamu.

Nilai 20: kamu tidak kecanduan smartphone
Kamu bisa membedakan mana waktu dan tahu batasan anatara dunia nyata dan dunia maya. Lakukan interkasi dengan smartphone seperlunya.

Nilai 21- 60: nomophobia ringan
Kamu merasa sedikit cemas dan khawatir jika lupa memawa smartphone atau berada di suatu tempat tanpa Wi-Fi, tetapi ini masih dalam tahap wajar.

Nilai 61 – 100: nomophobia
Kebiasaanmu sudah cukup mengkhawatirkan nih, kedekatanmu dengan smartphone sangat intens dan kamu pun terlalu sering memeriksa notifikasi smartphone sewaktu berinteraksi dengan teman.

Ketergantunganmu ditunjukkan dengan rasa cemas dan gelisah saat koneksi smartphone lambat atau bahkan terputus dan tanpa jaringan Wi-Fi. Kurangi durasi berinteraksimu dengan smartphone dan berintraksilah dengan dunia nyata.

Nilai 101 – 120 : sangat nomophobia (nomophobia kelas berat)
Hari-harimu didominasi dengan smartphone. Saat pagi bangun tidur, setiap beberapa menit sekali. Hingga sebelum tidur, interaksimu dengan smartphone menjauhkanmu dari dunia nyata. Kamu sudah kelewat batas dan perlu tindakan penanganan.

by the way ... Berapa Nilai yang kamu dapatkan Bro / Sis ??


Tahukah anda bahwa tidur dengan lampu menyala bisa menyebabkan beberapa hal tidak baik terjadi pada tubuh kita? Apa saja hal-hal tersebut? Nah, simak ulasannya dibawah ini ya:

1. Rasa Lemas dan Lelah Saat Siang Hari
Salah satu efek yang muncul jika anda tidur dengan lampu menyala adalah rasa lemas dan lelah ketika hari sudah siang. Hal ini disebabkan karena kualitas tidur anda berkurang saat cahaya memasuki mata kita secara samar-samar. Hormon yang membantu mengatur waktu tidur anda juga tidak bisa berfungsi dengan maksimal, sehingga bisa mengacaukan waktu tidur anda.

2. Menganggu Proses Metabolisme
Jika anda tidur dengan lampu menyala, bisa saja tidur anda tidak nyenyak dan hal tersebut bisa mengganggu proses metabolisme. Padahal, tubuh kita melakukan pemulihan diri saat kita tidur dimana sel-sel kita agan bergenerasi untuk menyiapkan tenaga untuk esok harinya.

Tips Tidur Berkualitas

3. Produksi Hormon Melatonin Terganggu
Anda tahu apa itu hormon melatonin? Hormon melatonin merupakan hormone yang membantu mengontrol waktu tidur yang diproduksi di otak. Nah, ketika anda tidur dengan lampu menyala, produksi hormone ini terganggu. Padahal, hormon melatonin dapat membantu mencegah radikal bebas yang ada di tubuh kita. Fungsi hormon melatonin sebagai antioksidan ini hanya dapat diproduksi secara maksimal jika kondisinya gelap.

4. Menambah Resiko Penyakit Kardiovaskular
Anda tahu kan bahwa kualitas tidur juga berpengaruh pada kesehatan jantung anda? Selain untuk mencegah sel-sel berbahaya tumbuh, hormon melatonin juga dapat berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, hormon ini juga dapat menghambat peningkatan kolesterol jahat yang bisa mengendap dalam pembuluh darah kita.

5. Berat Badan Bertambah
Nah, yang terakhir ini sebenarnya masih dugaan. Katanya, jika proses metabolisme kita tidak berjalan lancar karena tidur terganggu, berat badan kita bisa bertambah. Hal disebabkan karena karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa diolah secara maksimal.

Anda masih mau tidur dengan lampu menyala?

Selain bisa membuat tidur kita menjadi lebih berkualitas, mematikan lampu juga bisa membantu berhemat energi, bukan? Jika anda masih belum terbiasa tidur dalam kondisi gelap, mungkin anda bisa memulainya dengan menggunakan lampu tidur yang penerangannya jauh lebih redup dibandingkan lampu biasa.


Hai ... kali ini saya mau posting tentang pengalamanku membuat kue lumpur yang sedap dan layak untuk dijual nich... rasanya gak kalah enak dengan jajanan pasar yang di jual oleh pedagang kue loo ^_^.

Para sobat IndoSister.com bisa saja membeli langsung kue yang relative murah dan gak pakai ribet, namun ...

Berikut Keuntungan dalam Membuat Kue Sendiri :
- Muncul rasa puas, senang dan bangga
- bisa menentukan sendiri bahan2 yang berkualitas
(kalau beli kita gak tahu bahan2 apa saja yang di campurkan ke dalam adonan, contohnya bahan2 yang berbahaya untuk tubuh yaitu pengawet, pewarna, pengenyal dll)
Karenanya Hati hati jika membeli kue lumpur yang dapat bertahan lebih dari 24 jam ya ...


Ini Cetakan Teflon yang bisa dipakai untuk bikin kue apa aja model bulat ... bahkan saya pakai untuk bikin terang bulan / martabak manis juga bisa ... 

RESEP  untuk + 25 buah Kue Lumpur

Peralatan :
a. Cetakan Teflon
b. Mixer/whisk (pengocok telur)
c. Baskom
d. Timbangan kue
e. Sutil kayu kecil
f. Sendok sayur
g. Wadah anti panas
h. Panci (untuk mencairkan margarin)

Bahan :
200 gr  tepung terigu/tepung kue
200 gr  gula pasir                            
¼  kg   kentang yang di kukus & di haluskan
500 ml santan kelapa (dari ½ butir kelapa)
2 butir  telur
100 gr  margarin yang di cairkan
½ ons   kismis
1 buah vanili bubuk (500mg)
¼ sdt   garam

saya beli cetakan ini di pasar tradisional - seharga sekitar Rp 170 ribuan (murah kan ?, kalau beli di mall mungkin jadi mahal euy :).

Cara Membuat Kue Lumpur Enak :

1. Pertama pecahkan telur lalu kocok2 dengan menggunakan alat mixer/whisk hingga encer, setelah encer masukkan vanili, gula pasir, garam lalu kocok2 lagi hingga tercampur rata

2. Masukkan kentang yang sudah di haluskan, kocok2 hingga tidak ada gumpalan kentang, lalu masukkan santan, tepung terigu aduk lagi hingga tercampur rata. terakhir masukkan margarin cair dan aduk2 sekali lagi

3. Siapkan cetakan kue dengan api sedang, jika sudah keluar uap, adonan di tuang ke dalam cetakan tapi cukup setengahnya saja (sebab nanti kuenya mengembang)

4. Setelah 5 menit taruh kismis satu persatu di atas kue, tunggu sekitar 5 menit lagi lalu angkat.

5. Kue lumpur siap disajikan, selamat menikmati.

RESEP Membuat KUE LUMPUR Enak – LAYAK JUAL

Testimony
Resep diatas adalah hasil dari mencoba dan modif  beberapa kali untuk mendapatkan yang pas.
Setelah kue lumpurnya saya bagikan ke teman teman dan saudara ...
Mereka bilang : “enak, mantap, dan yang jelas “Layak jual”
He .. he ^_^
(buat para sobat IndoSister.com - yang mau menjual jajanan ini ... perlu dilatih ... biar hasil jadinya bagus / sempurna ya :)

# Dari beberapa tempat penjualan jajan pasar ... saya menganggap hasil buatan saya lebih enak - GR dikit boleh kan ^_^